A+ A-
Tutorial Update: tambahan tool rooting dari Bin4ry "Root with Restore by B1n4ry" saat ini sudah versi 30

Axioo PicoPad 5 anda belum rooted? Yuk kita root. Kali ini kebetulan ada teman yang tidak puas dengan PicoPad 5 miliknya, dan meminta bantuan kepada saya untuk me-modifikasi (mod) Axioo PicoPad 5 GEA-nya (yang ternyata sudah di-root). Untuk mod Axioo PicoPad 5 tentu harus di-root terlebih dahulu. Mari kita bahas proses rooting Axioo Picopad 5.

Pada dasarnya, cara melakukan rooting pada Axioo Picopad 5 ini sama dengan rooting pada perangkat lain yang mempunyai prosesor MT657. Namun, cara rooting kali ini lebih ringkas, simpel, mudah dipraktekkan pemula. Kenapa? Karena perintah/script ADB-nya dirangkum dalam file .bat sehingga berjalan secara otomatis.

Sudah siap? Ikuti langkah-langkah rooting berikut ini:
  1. Download file yang diperlukan di sini (2.6 MB).
  2. Extract file yang barusan anda download ke folder manapun di PC.
  3. Buka folder yang tadi Anda extract, perhatikan file berikut:
    • RootExplorer.apk
    • Superuser.apk
    • TPSparkyRoot.bat
    ketiga file tersebut adalah file yang diperlukan untuk proses root-ing
  4. Rooting Axioo Picopad 5
    • Install RootExplorer.apk dan Superuser.apk dalam ponsel Picopad 5
    • Kemudian jalankan mode “Debug USB” dengan cara:
    • Masuk “Pengaturan
    • Tap pada “Pilihan pengembang”
    • Centang “Debug USB
    • Ketika muncul cendela pop-up “izinkan debug USB”, tap Ok.
    • Gambar 1 Gambar 2 Gambar3
    • Hubungkan Picopad 5 ke PC melalui kabel USB.
    • Jika Anda baru pertama kali menyambungkan Picopad ke PC via kabel USB dalam mode debug USB, maka PC akan melakukan instalasi driver. Tunggu sampai driver selesai diinstall.
    • Setelah proses instalasi driver selesai dan Picopad 5 dapat dikenali PC, jalankan “TPSparkyRoot.bat “ dengan cara double clik pada file tersebut.
    • Maka cendela “Windows cmd” akan terbuka, di sini Picopad anda akan melakukan reboot
    • Jangan panik, perhatikan pada jendela cmd tertulis “Continue once device finishes rebooting. Press any key to continue”
    • Tunggu sampai Picopad Anda selesai booting dan meload Android dengan sempurna, baru tekan sembarang tombol pada keyboard PC/Komputer untuk melanjutkan proses.
    • Picopad 5 akan melakukan reboot untuk kedua kalinya. Tunggu sampai Android terbuka sempurna.
    • Klik sembarang tombol keyboard untuk melakukan root, atau tekan ctrl+c untuk menggagalkan.
    • Jika anda memilih melakukan root, maka ponsel anda akan melakukan proses reboot untuk kali ke 3.
    Selamat, Axioo Picopad 5 Anda sudah di-root.
Cara ini tidak hanya berjalan untuk Axioo Picopad 5, namun juga bisa dipraktekkan pada perangkat lain yang menggunakan prosesor MT6575 seperti Lenovo S880 dan Treq A10 Pocket II.

Update untuk Tool Rooting Picopad 5 GEA:
Xfab Rooting:
- TSparky Root
- MT6575 USB VCOM drivers
Download Xfab_Rooting.zip

Root with Restore by B1n4ry
Root_with_Restore_by_Bin4ry_v26
Root_with_Restore_by_Bin4ry_v30 | mirror
Catatan:
Tutorial diatas sudah saya coba dan berhasil, (dari beberapa komentar ada juga yg tidak berhasil, tetapi sudah saya siapkan update-nya dari XDA-DEV). Juga terbukti aman dilakukan. Namun, saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin terjadi. Melakukan root-ing dapat menggugurkan klaim garansi untuk Axioo, meskipun (setahu saya) vendor besar semacam HTC dan Samsung meperbolehkan.

Credit: jfdesign.com

Post a Comment Blogger

  1. saya sudah lakukan semua langkah2nya hingga restart 3X.
    tapi GEA saya kok belum ROOTED?
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang proses yang terlewatkan sepertinya, sudahkah mas Masinu meng-install ADB Driver untuk Picopad?

      Delete
    2. Saya sudah instal driver, kemudian double klik di tpspakyroot.bat. cuma keluar eroor device kenapa ya?

      Delete
    3. Picopad mas Ricky belum terdeteksi oleh PC. (lihat komen mas Masinu di bawah)

      Delete
  2. ADB Driver? yg mana tuh gan? boleh minta LINK nya? hehe..
    pokoknya PC saya udah saya install driver MT65xx dan pico saya terdeteksi oleh PC saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud saya Driver MT6575 gan :) agan bisa download dari attachment di forum xda-developers ini (file aslinya), jika hasilnya masih sama coba agan buka TPSparkyRoot.bat dengan klik kanan kemudian Run as Administrator. Report lagi hasilnya gan...

      Delete
  3. hasilnya tetep gan.. :(
    axioo saya ICS 4.0.4
    apa sama caranya dengan 4.0.3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benarkah? sebelumnya saya mohon ma'af, saya ingin menjelaskan masalah root-ing dan upgrading (barangkali ada kekeliruan) yang di maksud rooting di sini adalah memberikan hak Superuser (Andministrator) untuk merubah devices android sepenuhnya misalnya: meng-edit file yang berada dalam folder / (root), /system, dan semacamnya. sedangkan Upgrade adalah proses meningkatkan versi OS Android. untuk mengetes devices Android yang rooted bisa dengan meng-instal apk yang membutuhkan hak superuser (root), misalnya Mobile Uncle.

      terus terang saya agak bingung juga dengan statement masinu "tapi GEA saya kok belum ROOTED?" dan "pokoknya PC saya udah saya install driver MT65xx" ini. semestinya, jika komputer sudah mendeteksi Picopad 5 GEA masinu dan sudah menjalankan TSparky.bat dengan lancar (tanpa notifikasi error) semestinya sduah rooted. Jika devices belum rooted. kemungkinan ada masalah dengan koneksi adb debugging.

      masinu bisa mencoba mengetes dengan cara:
      - koneksikan picopad GEA 5 dengan USB ke komputer
      - buka command promt sebagai administrator (run, ketik cmd, klik kanan run as administrator)
      - arahkan ke folder dimana TSparky.bat berada (didalamnya tentu ada file adb.exe)
      - ketikkan perintah "adb devices" coba lihat hasilnya
      - jika muncul device android (biasanya nomor imei-nya) di ikuti dengan "devices" berarti terkoneksi. jika tidak ada apaun di bawah "List of devices attached" atau "offline" maka belum terkoneksi dengan baik. jelasnya lihat ini.

      itu saja yang bisa saya jelaskan untuk masinu. penjelasan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. banyak hal lagi permasalahan yang mungkin muncul, tapi rasanya tidak mungkin saya jelaskan secara detail (bisa jadi buku dong... :D) tapi yang jelas dengan "google + forum XDA developer" lebih dari cukup. ohya, untuk referensi Axioo yg lengkap coba kunjungi jfdesignnet.com

      Delete
    2. @rheedo, kurang lebih begitu :) @masinu, kelihatannya Masinu sudah gogling ke banyak blog ya? heheheh... sedikit menambahkan, benarkah picopad Masinu 4.0.4? Apakah sejak beli sudah 4.0.4 (baru bukan secondhand)? Sebab setahu saya Picopad GEA bwaannya 4.0.3. di tunggu kabarnya. Kontak saya lewat fb juga boleh :)

      Delete
  4. Gan ane baru beli picopad gea os versi 4.0.3 udh pakai cara root diatas tetap gak berhasil

    ReplyDelete
  5. [share]

    Nyang gagal root Picopad GEA versi yang 4.0.4, coba root pake "Root with Restore by Bin4ry" (di google banyak gan), ane udah coba dan success...^_^ CMIIW

    Salam kenal masbro sekalian...

    ReplyDelete
  6. @Phate Holloway.....sekedar membenarkan jawaban dari @masinu,!!
    iya mas @Phate Holloway Axioo Picopad saya jg 4.0.4 dari awal beli (Baru).

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Surya, thanks untuk pembenarannya, mungkin itu yang product 2012 12 05 keatas :)
      @Agus, thanks ya mas Agus, untuk link download Root with Restore by Bin4ry sudah saya tambahkan di bagian bawah posting (kebetulan saya dapat dari XDA juga) sekali lagi thanks :)

      Delete
  7. saya mau tanya, pada saat saya hubungkan pc dengan axioo gea dengan mode usb debugging, tapi kok di pc gagal install driver nya..katanya driver not found...kok bisa??mohon bantuannya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai zhuodashi ama snappea gan
      100% sukses

      Delete
  8. di command prompt device tidak terdeteksi gan...., gimana caranya supaya axioo bisa terdeteksi di komputer, saran di atas sudah di coba tapi tapi tetap tidak berhasil, os 4.0.4 ICS., makasih..

    ReplyDelete
  9. gan gimana kok sdcardnya gag swap,,,tetap...mohon pencerahannya,,,posisi sudah teroot

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya hard swap (partisi swap di sdcard) atau swap internal_sd to external_sd (membalik)?

      Delete
  10. mas bro, Cara Root-ing Axioo PicoPad 5 GEA ntu bsa work juga ga di axioo picopad 3+ ICS 4.0.4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir untuk rooting picopad 3 [ICS 4.0.4] kalau memakai Root_with_Restore_by_Bin4ry_v30
      nb: terus terang belum pernah rooting picopad 3.

      Delete
  11. gan,,, klo androidnya gak boting gmna???
    apa dh seslesai tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyalakan manual. insyaAllah sudah. (kalau sudah pasti ada aplikasi super user yang muncul di daftar App)

      Delete
  12. gan, klo buat ephone e61 yg os-nya 4.0.3 ics bsa ga?
    thanx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya tutorial rooting ini bisa digunakan untuk rooting Ephone E61 karena menggunakan prosesor MT657. Gunakan metode rooting menggunakan TPSparkyRoot dulu, jika masih belum bisa, gunakan Xfab Rooting atau Root with Restore.

      Delete
  13. ok, nnti sya coba.
    trus klo cra unroot (atau cra menghindari file sistem yg sdah di-root trhapus) gmana?

    ReplyDelete
  14. gan,,,,gua mo nnya lagi nech...
    androidnya pico pad 5 GEA,
    nah, saya dah instal dua apk tsb, n dh jalankan apk .Bat nya, pi g ad pengaruh terhadap androidnya gan... trus pas debug usb g ada konfirmasi d pC, alias langsung bsa d baca ajj dari sono.

    bagaimna cara tu gan,,, bntu y...
    mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak ada konfirmasi di PC itu apa debug USB-nya langsung bisa di berikan perintah ADB? Terus pengaruh seperti apa yang agan maksudkan? Berpengaruh = rooting, atau yang lain? Agan sedang dalam proses rooting atau posisinya sudah ter-root?

      Saya agak kurang jelas maksudnya gan, mungkin saya yang lola :D.

      Delete
  15. cara upgrade axioo picoPad 5 gea ics ke jelly beans bs gx,,,

    ReplyDelete
  16. gan waktu saya konekkan axio dgn pc terdeteksi removabledisk (I) tapi pas saya klik kok ada pesan dari windows "please insert your disk" tu gmna maksudnya? padahal driverx udah ke instal dan terdeteck alcatel android . jadi gagal ngeroot saya

    ReplyDelete
  17. kalo cara rooting axio gea os 4.0.4 yang pkai tool update gmana cara nya y gan?? mhon bantuanya

    ReplyDelete
  18. gan .. untuk axio picopad 5 os jelly bean.. ga mau sih.. padahal semuanya dah sukses gan.. sesudah restar berulang x superuser nya ga nampil.. padahal dalam proses tidak ada kendala ... ampe di coba download supersu nya dari playstore di jalanin gak bisa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan dapet dari mana gan Picopad 5 Jellybean-nya? Original Firmware kah? kalau Custom ROM Semestinya agan konsultasi ke blog yang share. Atu silahkan bertanya di artikel blogini yang berkaitan dengan custom rom picopad 5 agar sesuai.

      Delete
  19. kalau os android 4.1.1 dah jelly bean ? ia kan.. gan..
    ya saya beli gan di toko original gan hehehe.. dah dapet nya os 4.1.1 nah pas nyobain tutorial yang agan share berjalan normal,, tapi pas di check root nya tidak teroot.. apakah ini tidak bekerja dengan os nya yang 4.1.1 .. apakah harus downgrade?
    spefikasinya beningan gan.. x agan lebih tau :
    model number = PICOPAD GEW
    Baseband Version = MAUI.11AMD.W12.22.SP.V15.P1,2013/03/14
    Kernel verson = 3.4.0
    Adroid version 4.1.1
    Build Number = PICOpad_GEW_2.03.407
    di tunggu gan pencerahan biar yang ane bisa di root

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar gan, Picopad GEW memang lebih bening :), tipe GEW berbeda dengan Picopad GEA. Dari spek-nya juga berbeda.

      Untuk rooting, saya belum pernah pegang ( biasanya di pinjami teman ) jadi belum bisa memberi tutorial. aga bisa coba aplikasi VROOT yang saya gunakan dituorial Root Cross A5 tapi dengan driver Picopad bukan dengan Snappea.

      Selamat mencoba... Berhasil atau tidak silahkan lapor disini, biar yang lain juga tahu :)

      Delete
  20. dan akhirnya sukses juga nih gan thank aloot buat referenci nya, pake v.root akhirnya mau dia.. dan akhirnya setelah di checker pake Root Checker Basic. disana Verify Root Acces Congratulation? this device has root access.. :D :D cucok gan pake Vroot org china tuh.. makasih gan....

    ReplyDelete
  21. Tuluuuuung Mas bro yang punya driver usb conection ke PC maklum PICOPAD 5 GEA ga konek alias saat di colok g keluar Icon usbnya alamat email di jk.nik2@gmail.com....Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka device manager, scroll ke bawah dan lihat MTP device. klik kanan update driver, pilih manual dan rubah menjadi USB Mass storage. Semoga membantu.

      Delete
  22. gan kalo misalnya di cmd tulisnya gini..

    'adb' is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file.
    'adb' is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file.
    'adb' is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file.
    Rebooting (1/3) - Continue once device finishes rebooting
    Press any key to continue . . .

    itu harus gimana gan?? plis help...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek apakah file adb.exe dll. ada dalam folder tersebut. jika tidak ada silahkan download file ini dan ekstrak dalam folder tersebut.

      Delete
    2. Gan.. udah adb nya sdh d donlod.. tpi mlhan skrg kyak gini..


      * daemon not running. starting it now on port 5037 *
      * daemon started successfully *
      failed on '/data/local/tmp' - Permission denied
      link failed File exists
      Rebooting (1/3) - Continue once device finishes rebooting
      Press any key to continue . . .
      /system/bin/sh: cannot create /data/local.prop: Permission denied
      Rebooting (2/3) - Continue once device finishes rebooting
      Press any key to continue . . .

      Delete
    3. gunakan tool rooting v-root saja mas. di tutorial rooting croos a28. tapi pake driver picopad.

      Delete

 
Top