A+ A-
10-aplikasi-yang-harus-ada-setelah-instal-windows.jpg

Setelah Install Windows di PC atau Laptop, seringkali kita kebingungan dengan langkah selanjutnya, yakni soal aplikasi apa saja yang perlu kita install setelah seluruh driver bawaan terinstall (karena pada umumnya, driver bawaan ini di sertakan dalam sebuah CD/DVD ketika membeli motherboard baru atau laptop Baru).

Jika anda termasuk dalam kategori diatas, maka anda perlu membaca 10 daftar install aplikasi yang saya susun secara berurutan. Sehingga anda bisa menggunakannya sebagai to-do-list setelah instal ulang Windows.

Daftar Software yang harus ter-instal di Komputer

10 Daftar Software yang harus ter-instal di Komputer baru atau setelah instal ulang Windows antara lain:

1. Antivirus.

Sebelum lanjut menginstall software-software lainnya, install dulu security software untuk terhindar dari bahaya virus-virus maupun spyware yang membahayakan komputer dan privasi kita. Untuk program keamanan ini, saya rekomendasikan eset Nod32. Avast juga boleh.

2. Browser selain IE.

bagi pecinta XP, install browser selain IE adalah keharusan. karena security IE bawaan sangat lemah. Instal dua Browser sekaligus: Firefox dan Chrome.

3. Pengelola Arsip (alat kompresi file)

Kenapa? karena seringkali kita mendownload file dari internet dalam bentuk archive. baik zip maupun rar. rekondasi saya: 7zip atau winrar. alasan tidak menggunakan winzip karena dia hanya mampu menagani zip file sementara explorer milik XP saja sudah bisa membuka zip.

4. Download Manager.

Gunakan IDM. atau yang free tapi kualitas sama bagus: Xtreme Download Manager. Kenapa? segai akselerator ketika mendownload. jika menggunakan downloader bawaan browser rasanya kurang nyaman karena tidak bisa me-resume file download.

5. Cleaner untuk membersihkan file sampah.

Gunakan file semacam Tune-up Utilities (berbayar). tapi saya lebih suka menggunakan CCleaner Home karena gratis. dengan tool pembersih file sampah ini kinerja komputer bisa meningkat.

6. Komplemen Populer.

Di antaranya: Flash Player, Java Runtime Environment, DirectX, .NetFramework, dan Jika mempunyai device Android pasang juga MTP driver utility.

7. Pengolah kata dan data.

Bisanya Microsoft Office, Gunakan Open Office atau Libre Office untuk yang gratisan. Tambahkan Nitro PDF dan doPDF. masing-masing berguna untuk membaca file PDF dan membuat file PDF. meskipun di Office terbaru sudah bisa mempublish PDF, tapi hasilnya kurang maksimal.

8. Multimedia (Audio Video).

Winamp adalah pilihan utama. Sebagai pelengkap, install MPC atau VLC karena ada beberapa file yang tidak mampu dimainkan oleh winamp. saya lebih suka menggunakan MPC karena mempunyai codec lebih lengkap.

9. Back-up Manager dan Burning tool.

Di Windows 7 sudah ada program semacam ini. hanya saja kurang enak dan tidak leluasa seperti menggunakan aplikasi khusus backup data. Rekomendasi menggunakan norton Ghost atau Mozy dua-duanya mempunyai versi gratis dan berbayar alias lisensi berbayar-nya. Burning tool menggunakan PowerIso atau Nero untuk yang berbayar. Jika ingin yang gratisan, gunakan ImgBurn.

10. Messenger.

banyak software messenger mulai teks messenger hingga yang video messenger, ada Yahoo messenger, Pidgin, facebook Messenger, Skype, dan Camfrog.

Post a Comment Blogger

Kritik, laporan, saran, komentar dan pendapat akan di moderasi oleh Penulis KnoAcc Blog. Gunakan kata yg baik. Komentar sampah akan di hapus.

 
Top