A+ A-
menambah-memori-internal

Setelah tertunda beberapa lama, akhirnya saya bisa berbagi metode yang sederhana untuk Menambah Kapasitas Memori Internal Android dan saya yakin semua orang bisa melakukan, saya rasa sebagian dari Anda mungkin sudah tahu cara ini. Memang ada cara yang lebih susah (menggunakan CWM yang juga sudah saya coba beberapa bulan yang akibatnya Data SD Card saya terhapus pada saat pertamakali menggunakan cara tersebut). Tapi panduan sederhana menambah kapasitas memori internal yang satu ini relatif lebih mudah untuk di kerjakan.

link2SD.jpgSetelah anda meningkatkan memori internal SDcard, anda tidak perlu lagi meng-uninstall salah aplikasi yang sudah terinstall untuk mencoba memasang aplikasi lain karena kehabisan ruang. Lihat gambar di samping.

Yang perlu Anda persiapkan:
  • Sebuah kartu memori micro SD Card layak, minimal 4 Gb sudah cukup, dan sebaiknya SD Card-nya adalah yang kelas 4 atau lebih bagus lagi.
  • Sebuah smartphone Android yang sudah di root
  • SD card reader (Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini dengan kartu SD di telepon terhubung melalui USB)
  • Dan sebuah Komputer (PC/Laptop) yang bersistem operasi Windows.
CADANGKAN DATA ANDA DI SD CARD KE LOKASI YANG AMAN. INI BERTUJUAN AGAR ANDA MASIH MEMPUNYAI DATA ANDA KETIKA ANDA INGIN MENGEMBALIKAN DATA ANDA. KARTU SD AKAN DIFORMAT SELAMA PROSES. SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB JIKA ANDA MELEWATI LANGKAH INI DAN KEMUDIAN KEHILANGAN DATA ANDA!

Selanjutnya anda bisa mengikuti tutorial berikut:

Mem-Partisi SDcard dengan Minitool Partition Wizard

Pertama-tama, Anda harus mem-partisi SD card anda. Untuk melakukan hal ini, download dan install MINITOOL PARTITION WIZARD. Bisa anda baca Minitool Partition Wizard 7.

  • Hubungkan kartu SD Anda ke PC (melalui card reader / via Smartphone Android). PC Anda dan wizard akan mendeteksi SD Card.
  • Dalam MiniTool Partition Wizard, klik kanan pada SD Card Anda dan pilih delete.
    Berhati-hatilah, pastikan bahwa Anda tidak sedang menyeleksi hard disk lain atau partisi yang ada di hardisk pada PC Anda dan pastikan bahwa anda sedang menyeleksi(menyorot) memori SD Card anda.
  • Sekarang, seluruh ruang pada kartu sd Anda menjadi unallocated.
  • Klik kanan di atasnya dan pilih Create.
  • Jendela popup akan terbuka, di dalam jendela tersebut, pilih partisi sebagai primary, filesystem FAT (jika kartu sd Anda di bawah 4GB) atau FAT32 (jika SD CARD kapasitasnya lebih dari 4GB).
  • Anda dapat ukuran setiap jumlah kartu SD untuk partisi ini, ini akan menjadi ruang penyimpanan file-file umum seperti biasa, misalnya file musik, foto dll. Pastikan Anda meninggalkan sekitar 512 MB atau lebih banyak ruang (upto 1Gb cukup baik) untuk partisi berikutnya.
  • Klik Done.
  • Klik kanan pada ruang/bagian yang masih kosong(belum terpartisi) dan klik create lagi. Kal ini juga pilih Primary tetapi rubahlah filesystem-nya menjadi Ext2, Ext3 atau Ext4 (saya anjurkan menggunakan Ext2, dengan alasan tidak ber-resiko) Hasilnya:
  • Klik apply dan prosesnya akan memakan waktu beberapa menit, biarkan saja sampai selesai. hasilnya akan sepeti ini..

Menggunakan Link2SD untuk Menambah Kapasitas Memory Internal

  • Setelah semua proses pemartisian sdcard selesai, install-lah link2sd. Anda bisa mendownloadnya di GooglePlay atau dari sini dan menginstal aplikasi tersebut.
  • Pada saat membuka aplikasi pertama kali, link2sd akan meminta akses root dan kemudian, akan menanyakan kepada anda filsystem yang Anda gunakan untuk Ext, pilih partisi Ext2 jika anda menggunakan Ext2.
  • Sortir aplikasi sesuai dengan ukuran filenya, kemudian pilih aplikasi-aplikasi besar yang memakan memori internal dan link-kan/pindahkan ke SD Card. Anda sekarang dapat menginstal aplikasi lagi tanpa membebani memori internal Android Anda, karena memori internal ponsel Android sudah bertambah dengan ukuran partisi ext yang anda buat tadi.
  • Setelah selesai reboot Android dan anda bisa mengginakannya secara normal
Pertimbangkan dengan baik dalam memindahkan aplikasi-satunya yang telah Anda download dan diinstal, JANGAN MEMINDAHKAN APLIKASI SISTEM, LAUNCHER TEMA dll. karena sangat diperlukan dalam memori telepon
Note: Dalam pengaturan link2sd pilih auto link untuk setiap aplikasi baru yang akan Anda instal, selanjutnya.

Ketika Anda menghidupkan penyimpanan USB, semua aplikasi pada sd akan tetap bekerja dengan baik dan begitu juga widget.

Post a Comment Blogger

Kritik, laporan, saran, komentar dan pendapat akan di moderasi oleh Penulis KnoAcc Blog. Gunakan kata yg baik. Komentar sampah akan di hapus.

 
Top